Rabu, 07 Desember 2016

Cara Membuat Website atau Blog Gratis di Blogspot dan Wordpress untuk Pemula Terbaru 2016

PENGERTIAN WEBSITE DAN BLOG, 
Bagi yang belum mengetahui apa itu "Website dan Blog", saya akan menjelaskan apa itu website menurut pandangan saya sendiri, Website merupakan sekumpulan halaman electronic dan data  data  (Texts (tulisan-tulisan), Pictures (gambar-gambar), Video, dan masih banyak lagi yang lainya) yang bisa terhubung antara satu halaman ke halamans yang lainya serta dan memiliki tampilan/ layout yang dinamis  diakses secara online menggunakan Electronic Devices (perangkat-perangkat elektronik) yang dapat terkoneksi/terhubung ke internet.

Sedangkan Blog  adalah singkatan dari web log yang merupakan bentuk aplikasi web yang berbentuk text atau tulisan (yang disebut sebagai posting) pada sebuah halaman web. tulisan atau posting  ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (mulai dari isi yang  terbaru lebih dulu kemudian  diikuti isi yang lebih lama) 

Sebelum kita melanjukan ke materi pokok, ada beberapa hal lagi yang harus saya sharing (bagikan) kepada kawan semua, jika ini menarik dan berguna silahkan diteruskan membacanya, namu jika tidak, bisa diskip ke bagian bawah untuk langsung mempelajari cara membuat website atau blog di blogspot dan wordpress, Berikut beberapa hal yang akan saya bagi adalah:

a. Niche (Topik/ Tema blog), pilihlah tema blog yang anda kuasai karena anda akan  bosan ngeblog jika anda tidak menguasai topik yang anda pilih,maka anda akan  terhenti ditengah jalan pada saat ngeblog karena kehabisan bahan untuk postingan blog anda, tentu ini akan menjadi dampak yang sangat buruk bagi blog sobat nantinya!!.

b. Konsisten Update artikel blog/ post blog, namanya blog pasti memiliki isinya yaitu konten (tuisan tulisan, gambar, dan video), anda harus secara rutin membuat artikel pada blog sobat untuk meningkatkan traffic blog sobat, jadi buatlah posting original (ditulis sendiri), jangan copypaste dari blog orang lain karena jika sobat mengkopi dari blog orang lain maka google akan menghapus blog sobat/ blog sobat kena suspended dari google.

c. Platforms untuk membuat blog, Apa itu platform?, Platform adalah arsitektur hardware atau fondasi atau standar bagaimana sebuah system dimana aplikasi atau program dapat berjalan; atau bisa juga dikatakan Platform adalah dasar dari teknologi dimana teknologi yang lain.

Jenis jenis platform untuk membuat blog:

1. blogger.com atau blogspot.com






Apa tujuan kita membuat website/blog?, kalau kita berbicara tentang tujuan mungkin setiap orang memiliki tujuan yang berbeda beda, tapi tujuan saya sendiri membuat blog adalah untuk mengekspresikan diri dan mencari skill tambahan. Kalau manfaat blog apasih?, berdasarkan dari beberapa blog membuat artiken tentang manfaat blog ternyata blog mempunyai banyak manfaat tapi salah satu manfaat blog yang menarik saya adalah "Ngeblog bisa dapat duit/ Uang" , nah untuk cara mendapatkanya saya akan bahas di artikel selanjutnya. 


CARA MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS DAN BLOGGER,
Nah setelah panjang lebar kita membahas website dan blog, langsung saja kita menuju ke TU (Topik utama) yaitu Cara Membuat Website atau Blog di Blogspot dan Wordpress dengan  Mudah  Gratis. Yang pertama akan saya bahas adalah Blogspot, berikut caranya:

1. BLOGGER.COM

Cara membuat blog di Blogspot.com atau Blogger.com:




1. Siapkan sebuah Akun Gmail 

2. Kunjungi www.blogger.com, kemudian pilih "CREATE YOUR BLOG",  sign in/ masuk menggunakan Akun Gmail Anda

3. Kemudian, TULIS JUDUL BLOG, ALAMAT BLOG, DAN PILIH TEMPLATE BLOG untuk anda, Jika pada saat anda menulis/ membuat alamat blog masih terdapat tanda seru ( ! ), maka itu artinya alamat blog yang anda buat sudah ada yang mempunyai, jadi buatlah lagi yang lain

4. Jika sudahh selesai, Pilih "BUAT BLOG"

5. Sekian cara membuat blog gratis di "Blogspot/Blogger.com", berikut "Gambar Dashboard Blogger"


Keterangan:

1. POS; digunakan untuk membuat artikel (tulisan - tulisan) di blog
2. STATISTIK; digunakan untuk melihat itensitas atau jumlah pengunjung blog dari hari kehari
3. KOMENTAR; dikunakan untuk melihat komentar komentar yang masuk ke blog
4. KAMPANYE; untuk mengkampanyekan blog (Berbayar)
5. LAMAN/PAGE; digunakan untuk membuat halaman/ untuk menu blog maupun untuk halaman statis
6. TATA LETAK/LAYOUT; digunakan untuk mengatur letak widget, dan atribut-atribut blog
7. TEMPLATE; digunakan untuk menganti desain/ tempalte blog
8. SETTING/SETELAN; untuk mengatur blog
   

2. WORDPRESS.COM

Cara membuat website atau blog di wordpress



1. Siapkan sebuah Akun E-mail (gmail, yahoo, hotmail, dll)

2. Kunjungi site www.wordpress.com, Kemudian Pilih Get started, kemudian pilih salah satu Topic blog sobat


3. Pilih salah satu Design/ Layout Wordpress


4. Pilih salah satu THEME


5. Buat nama blog/ alamat wordpress, pilih paket yang gratis!!


6. Buat Akun Wordpress, caranya cukup masukan alamat email dan kata sandi baru


7. Selesai, Dibawah Gambar "WORDPRESS DASHBOARD"

 

Demikian lah hal yang dapat saya sharing atau bagi mengenai pengalaman saya tentang "Membuat Website atau Blog  Gratis di Blogspot dan Wordpress untuk Pemula" , jika ada yang lebih tahu silahkan dikoreksi, mari kita berbagi ilmu.
Previous Post
First

0 komentar: